Saturday, March 26, 2016

Batu Gajah di Palu Sulawesi Tengah Metode Loading Batu Gajah yang Aman untuk Tongkang

| 1 Comment
dwiselebessamudra.co.id - Batu Gajah atau sering disebut dengan boulder elephant stone. Batu gajah merupakan salah satu jenis batu split yang mempunyai ikuran paling besar dibandingkan dengan jenis batu split yang lain. Batu gajah berfungsi untuk menimbun lahan atau lokasi yang berdekatan dengan pantai. Batu gajah ini biasanya digunakan untuk membuat bahan beton pemecah ombak, bahan reklamasi pantai, bahan untuk membuat dermaga kecil atau yang paling umum digunakan untuk bahan pondasi bangunan.


Saat ini banyak permintaan pengangkutan batu gajah (boulder elephant stone) untuk keperluan reklamasi pantai. Projek-projek reklamasi yang menggunakan batu gajah (boulder elephant stone) antara lain projek reklamasi teluk jakarta, projek reklamasi perluasan Bandara Sepinggan Balikpapan, projek reklamasi perairan Pulau Laut, projek reklamasi Teluk Benoa Bali dan lain-lain. Permasalahan yang mereka hadapi saat ini antara lain kesulitan mencari tongkang untuk mengangkut batu gajah (boulder elephant stone) tersebut.

Alasan yang dikemukakan oleh para pemilik tongkang yang tidak suka atau tidak mau mengangkut batu gajah (boulder elephant stone) tersebut adalah alasan kerusakan tongkang. Pemikiran para pemilik tongkang pada umumnya adalah muatan batu gajah (boulder elephant stone) cepat merusak tongkang terutama pada besi plat di bagian deck. Kerusakan ini terjadi karena benturan keras batu gajah (boulder elephant stone) ke besi plat deck pada saat proses loading. Kekawatiran pemilik tongkang ini dapat dipahami karena ukuran batu gajah (boulder elephant stone) yang cukup besar sehingga benturannya dengan besi plat bagian deck akan menyebabkan kerusakan besi plat. 

Dengan melihat alasan para pemilik tongkang yang tidak suka atau tidak mau mengangut batu gajah (boulder elephant stone) tersebut maka perlu dikembangkan metode loading batu gajah (boulder elephant stone) yang aman dan tidak merusak tongkang sehingga para pemilik tongkang tertarik dan bersedia mengangkut batu gajah (boulder elephant stone) tersebut. Ketertarikan para pemilik tongkang mengangkut batu gajah (boulder elephant stone) ini akan melancarkan projek-projek yang memerlukan batu gajah (boulder elephant stone) atau bahkan menekan harga freight.

Berikut kami sampaikan metode yang dapat diaplikasikan untuk memuat (loading) batu gajah (boulder elephant stone) yang aman (safety) untuk tongkang, yaitu :
Alat bantu loading yang harus disediakan adalah : exkavator (excavator) dan dump truck.
Tongkang yang digunakan wajib memiliki ramdoor yang berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara tongkang dan jetty.
Sebelum memulai loading batu gajah (boulder elephant stone), dasar tongkang harus lebih dulu diisi atau dilapisi batu sirtu (pasir batu) setebal minimum 30 cm. Lapisan dasar batu sertu ini adalah untuk menakan benturan batu gajah (boulder elephant stone) yang terjatuh dari dump truk sehingga tidak merusak besi plat bagian deck tongkang.
Urutan loading batu gajah (boulder elephant stone) dimulai dari pinggir, yaitu dengan mengatur atau menata batu gajah (boulder elephant stone) di sisi sideboard tongkang secara vertikal menggunakan exkavator (excavator) sehingga sideboard tongkang tersebut lebih dulu tertutup oleh batu gajah (boulder elephant stone). Metode ini bertujuan untuk melindungi sideboard tongkang dari benturan batu gajah (boulder elephant stone) yang lebih keras.
Exkavator (excavator) berfungsi untuk mengatur, menata dan meletakkan batu gajah (boulder elephant stone) secara perlahan-lahan agar tidak merusak besi plat bagian deck maupun sideboard.
Setelah pada bagian sisi sideboad tertutup semua dengan batu gajah (boulder elephant stone), selanjutnya mengisi di bagian tengah tongkang, mulai dari ujung tongkang menuju ke arah ramdoor tongkang sampai tongkang penuh terisi dengan batu gajah (boulder elephant stone) . 

Metode tersebut sudah kami aplikasikan untuk loading batu gajah (boulder elephant stone) ke tongkang-tongkang kami. Kami berharap metode yang sudah kami terapkan tersebut dapat menjadi alternatif solusi dalam melakukan loading batu gajah (boulder elephant stone) . Dengan metode di atas kami juga berharap makin banyak para pemilik tongkang yang bersedia mengangkut batu gajah (boulder elephant stone).
Tags :

1 comment: